Launching Kabinet dan Sosialisasi Program Kerja Kabinet KSK Merajut Mimpi 2016

(18/02/16) Kelompok Studi Kelautan merupakan salah satu organisasi yang berbasis keilmuan telah melaksanakan salah satu agenda tahunannya yaitu Launching Kabinet dan Sosialisasi Program Kerja KSK Merajut Mimpi 2016 pada tanggal 16 Februari 2016 di Ruang Kuliah V Fakultas Biologi UGM. Acara ini dimulai pada pukul 15.00 WIB dan diawali dengan penyampaian laporan pertanggungjawaban oleh Sekretaris Jendral KSK Berproses 2015. Dengan acara Launching Kabinet ini, kepengurusan KSK Berproses 2015 resmi berakhir dan digantikan kepengurusan baru yang dinahkodai oleh Nur Fadli Ikram (Angkatan Diklat XIV), sebagai Ketua Umum KSK Biogama periode 2016/2017. Acara dihadiri oleh anggota aktif KSK Biogama, Dewan Penasehat Organisasi (DPO), alumni, dan perwakilan Kelompok Studi (KS) dan lembaga dalam lingkup fakultas maupun universitas.

IMG_20160216_165929

Suasana sosialisasi program kerja KSK Merajut Mimpi 2016

Pelantikan Pengurus Harian KSK Merajut Mimpi 2016

KSK Biogama periode 2016/2017 mengangkat tema kepengurusan KSK Merajut Mimpi. Saat mimpi dianalogikan sebagai sebuah benang, maka seseorang yang memiliki mimpi tersebut adalah orang dengan sebuah jarum, dan niat serta doa yang dilantunkan adalah sebuah pattern (pola). Jika ada banyak orang dengan mimpi-mimpi kecil demi satu tujuan yang sama, dengan satu niat dan satu doa yang dilantukan maka mimpi-mimpi kecil tersebut akan terajut menjadi sebuah mimpi yang besar. Membuat mimpi terajut dengan mudah, dan membuat mimpi yang besar menjadi sebuah kenyataan.

KSK Merajut Mimpi memiliki visi “Mewujudkan KSK Biogama sebagai organisasi keilmuan yang mandiri, profesional, berkarakter, dan solutif serta turut berperan aktif dalam memajukan kelautan di Indonesia dengan asas kekeluargaan” dengan mengusung beberapa misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan kualitas SDM dan karakter anggota KSK Biogama yang mandiri, kontributif, dan bersinergis.
  2. Menjadikan KSK Biogama sebagai organisasi yang aktif dalam berkarya di bidang kelautan di Indonesia.
  3. Menguatkan hubungan jaringan, dan komunikasi dengan mitra, alumni, serta instansi terkait secara massive dan berstrategi.
  4. Menjadikan KSK Biogama sebagai wadah informasi dalam aspek biologi kelautan kepada masyarakat luas.

Koordinator Divisi mempresentasikan program kerja

Pengurus Harian KSK Merajut Mimpi yang berjumlah 34 orang diharapkan dapat menjalankan misi-misi tersebut melalui program kerja yang ada pada setiap divisi. Struktur kepengurusan KSK Merajut Mimpi 2016 dapat dilihat disini. Ketua Umum KSK membawahi 4 pilar utama kepengurusan yaitu Sekretaris Jendral (Sekjend), Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Divisi Keilmuan, dan Koordinator Eksternal. Divisi yang memiliki garis koordinasi langsung dengan Sekjend yaitu Kesekretariatan, Bendahara, I3 (Internalisasi, Inventarisasi, dan Interior). Divisi Keilmuan pada tahun ini membawahi 2 bidang, yakni Bidang Kelas Keilmuan dan Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang). Divisi yang berada dibawah Koordinator Eksternal adalah Divisi Media dan Informasi (Medinfo), Divisi Jaringan Kemasyarakatan (Jarmas), dan Divisi Kreativitas dan Produksi (K’Prok). Dengan total kurang lebih 40 program kerja, diharapkan KSK dapat mewujudkan mimpinya menjadi salah satu organisasi rujukan dalam bidang kelautan sehingga dapat bermanfaat dan memberikan pengaruh yang baik bagi anggota KSK, masyarakat luas, dan Indonesia.

Jales Viva, Jaya KSK!

Foto bersama anggota KSK Biogama

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s