KSK Biogama Sambut Baby Octopus Diklatsar XVI

IMG_0238

“Menyusuri pantai dan pesisir, pantang tuk menyerah dan berkeluh kesah..”

Diklatsar XVI merupakan kegiatan rekrutmen anggota baru melalui pendidikan dan latihan dasar yang dilaksanakan tiap tahun oleh KSK Biogama. Tahun 2015 ini telah mencapai Diklatsar XVI dengan mengusung tema “Mengungkap Potensi Kelautan Indonesia melalui Konservasi dalam Semangat Kekeluargaan”. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaring anggota muda atau dikenal dengan sebutan baby octopus yang akan menjadi bibit-bibit baru di KSK Biogama. Diklatsar selalu menjadi kegiatan rutin yang besar karena melibatkan berbagai angkatan diklat sebelumnya sebagai panitia.

Diklatsar XVI terdiri dari beberapa kegiatan di dalam ruang berupa pematerian dan kegiatan outdoor berupa outbound untuk pelatihan survival di alam. Rangkaian DIklatsar XVI dimulai dengan Meet and Greet yang dilaksanakan pada tanggal 28 September 2015 di ruang seminar Fakultas Biologi UGM. Para calon baby octopus diajak lebih mengenal KSK Biogama melalui perkenalan profil KSK Biogama oleh Faruk Rokhman Ardi P. (D XIII).

IMG_3561

Gambar 1. Suasana meet and greet di ruang seminar.

Tanggal 3 Oktober 2015, pematerian dalam ruang atau diklat ruang (Dikru) 1 diadakan untuk memperkenalkan objek kajian keilmuan KSK Biogama serta alur kaderisasi KSK Biogama. Dikru 2 dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2015 dengan pematerian Pertolongan Pertama terhadap Kecelakaan (P3K) dari Ukesma UGM serta pembekalan saat survival di alam. Tidak hanya pematerian ruang, para calon baby octopus juga diajak untuk mempraktikan ilmu yang telah mereka peroleh dari dikru 1 dan 2 pada kegiatan outbound di area sekitar Grha Sabha Pramana (GSP) UGM pada tanggal 25 Oktober 2015.

IMG_0032

IMG_0017

Gambar 2. Suasana pematerian ruang di acara dikru.

P_20151025_110525

Puncak kegiatan Diklatsar XVI adalah diklat lapangan yang dilaksanakan pada hari Jumat – Minggu, 6 – 8 November 2015. Pada acara puncak ini pula para calon baby octopus dilantik menjadi anggota muda D XVI. Pelantikan tersebut bukan akhir, melainkan menjadi awal bagi anggota muda D XVI untuk berkarya di KSK Biogama dalam bidang kelautan. Rangkaian diklat ini juga dilaksanakan untuk mempersiapkan anggota muda dalam menghadapi berbagai tantangan saat telah menjadi anggota KSK Biogama.

Diklatsar XVI berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir acara walaupun terdapat perubahan jadwal yang terkesan mendadak, meskipun begitu peserta mengikuti rangkaian dengan antusias dan berhasil menjadi anggota resmi Kelompok Studi Kelautan Biologi Gadjah Mada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s