Gathering KSK Biogama – KS Biodiversitas UNS – KSE Biologi UGM

Kunjungan dari KS Biodiversitas UNS ke KSK dan KSE

Kunjungan merupakan salah satu upaya pembinaan hubungan yang baik antara suatu lembaga dengan lembaga lainnya. Sabtu, 9 Mei 2015, KS Biodiversitas Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, mengunjung KSK Biogama dan Kelompok Studi Entomologi (KSE) Biologi UGM.

KS Biodiversitas UNS adalah salah satu kelompok studi di lingkungan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS. Bidang kajian kelompok studi (KS) ini berada di ranah biodiversitas atau keragaman hayati beberapa kelompok organisme, misal Lepidoptera, Herpetofauna, Odonata, Fungi, Bryophyta, dan Pteridophyta. KSE Biologi UGM, salah satu KS di lingkungan Fakultas Biologi UGM, menekankan konsentrasinya pada studi terkait Insecta atau serangga di bidang pertanian, kesehatan, dan biodiversitas. Kunjungan yang juga merupakan gathering tiga kelompok studi ini dilangsungkan di ruang 6 Fakultas Biologi UGM pada pukul 11.00 – 15.00 WIB. Setidaknya 40 orang dari ketiga kelompok studi memenuhi ruang 6 Fakultas Biologi UGM untuk urun partisipasi dalam gathering ini. Suasana hangat dan ramah memenuhi ruang 6 ketika kunjungan ini berlangsung.

20150509_114946

Gambar 1. Suasana gathering

Gathering ini tidak hanya sebatas untuk membina tali silaturrahmi, tetapi juga sarana bertukar informasi dan saling memberi inspirasi antara ketiga KS. Inspirasi dan informasi diperoleh melalui presentasi program kerja dari ketiga KS. Presentasi dilakukan oleh ketua dari tiap KS. Dengan program unggulan Ekspedisi Wukir Mahendra dan Seminar Nasional Biodiversitas, Rizma Dera sebagai ketua KS Biodiversitas UNS mengawali presentasi program pada gathering ini. Hanung Charendra selaku ketua KSK Biogama memaparkan beberapa program antara lain Ekspedisi Lombok Barat 2014, Ocean Days, dan berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh KSK Biogama dalam kurun waktu 2014. KSE Biologi UGM yang diwakili oleh Dodik Dermawan menyampaikan beberapa program, yakni Kuliah Instar (Kuins), diskusi keilmuan, serta eksplorasi serangga akuatik. Program – program yang dipaparkan dalam presentasi ini nyatanya membangkitkan rasa ingin tahu dari partisipan, dilihat dari hidupnya diskusi gathering.

Gambar 2 dan 3. Pemaparan program dan tanya jawab oleh ketua KS Biodiversitas UNS, Rizma Dera.

Gambar 4 dan 5. Hanung Charendra, ketua KSK Biogama, menyampaikan program di depan hadirin.

Gambar 6 dan 7. Ketua KSE Biologi UGM, Dodik Dermawan, memaparkan proker.

Pertemuan ini tidak hanya berhenti pada gathering, Inisiasi pembentukan forum biodiversitas tingkat regional antara ketiga KS menjadi follow up dari pertemuan ini. Hal tersebut dikarenakan biodiversitas menjadi concern dari ketiga KS. Selebrasi Hari Biodiversitas Internasional yang akan jatuh pada tanggal 22 Mei melalui media sosial oleh ketiga KS juga menjadi follow up yang penting dari gathering ini. Gathering ditutup dengan penyerahan kenang – kenangan dari ketiga KS dan foto bersama.

Gambar 8. Penyerahan kenang - kenangan dari ketiga KS.

Gambar 8. Penyerahan kenang – kenangan dari ketiga KS.

Melalui adanya gathering ini, diharapkan semangat dalam menjaga biodiversitas Indonesia melalui program yang inovatif, edukatif, dan berkelanjutan akan terus membara (Safira).

twitter dan blog KSE Biologi UGM | twitter dan blog KS Biodiversitas UNS

One thought on “Gathering KSK Biogama – KS Biodiversitas UNS – KSE Biologi UGM

  1. keren banget kegiatan kayak gini, mahasiswa bisa mengembangkan ilmunya tidak hanya dari dosen di bangku kuliah… semoga dapat di tularkan ke kampus-kampus lain di Indonesia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s