Upgrading Anggota Muda D XV

CDbhFloUIAA1rTw

(27/04/15) Anggota muda adalah salah satu pilar yang menegakkan KSK Biogama. Selain hard skills, soft skills yang mumpuni patut dimiliki oleh anggota muda dalam rangka memajukan KSK Biogama sebagai organisasi keilmuan yang berasaskan kekeluargaan. Oleh karena itu, Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) PH KSK Berproses 2015 menyelenggarakan Upgrading Anggota Muda D XV. Anggota yang telah bergabung dengan KSK Biogama sejak bulan November 2015 ini diajak untuk merasakan atmosfer kegiatan KSK Biogama yang berbeda dari biasanya, yakni kegiatan di luar area kampus dan pantai.

Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 25 April 2015 di Pendapa MSH, Desa Sembungan, Kasihan, Bantul, DIY pada pukul 09.00 – 15.00 WIB. Acara ini diketuai oleh Kabrina Rian Ferdiani (D XIV, Biologi UGM 2013) dari Divisi PSDM. Upgrading yang dihadiri oleh anggota berbagai angkatan diklat KSK Biogama kali ini mengusung topik ‘Time Management dan Sense of Belonging’. Topik ini diusung untuk membangun karakter anggota muda D XV menjadi mahasiswa yang dapat mengatur kehidupan akademik dan non akademiknya dengan baik tanpa mengesampingkan rasa memiliki KSK Biogama. Hadir sebagai pembicara Immanuel Sanka (D XI, Biologi UGM 2010) untuk membawakan topik time management dan Thoriq Teja Samudra (D X, Biologi UGM 2009) dengan topik sense of belonging. Kedua pembicara yang aktif di berbagai kegiatan KSK Biogama dengan segudang prestasi ini mencurahkan pengalaman mereka terkait topik yang dibawakan.

CDZ_rQwUkAADlyO

Gambar 1. Suasana upgrading anggota muda.

Sanka yang telah melanglang buana ke berbagai ajang publikasi internasional berbagi pengalamannya dalam membagi waktu untuk akademik, organisasi, serta berbagai kompetisi yang beliau ikuti. Planning menjadi kunci kesuksesan beliau dalam mengatur waktu untuk ketiga hal tersebut. Dalam topik sense of belonging, Thoriq menceritakan kisah beliau ketika pertama kali bergabung di KSK Biogama dan berbagai hal yang telah beliau lalui bersama. Sebagai koordinator Divisi PSDM pada era kepengurusan KSK Menembus Batas (2012), beliau menceritakan berbagai pengalamannya selama menjadi anggota aktif.

CDaDJh5UsAALGug

Gambar 2. Immanuel Sanka membagikan pengalamannya dalam upgrading.

CDavGruVIAEoJSo

Gambar 3. Thoriq Teja Samudra mengisi topik sense of belonging.

Materi disampaikan dengan interaktif dan komunikatif. Diskusi juga terasa hidup dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan bagi kedua pembicara. Tak hanya pertanyaan terkait topik upgrading, pertanyaan sekitar menjalani kuliah di Fakultas Biologi UGM dan nostalgia keadaan palung terdahulu juga ikut muncul di sesi diskusi ini. Anggota muda diharapkan menjadi kader muda yang berkualitas setelah mengikuti acara upgrading ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s