Musyawarah Anggota XV KSK Biogama 2015

DSCN0916

(23/01/15) Musyawarah Anggota (Musyang) merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh tiap kelompok studi (KS) dan lembaga yang ada di Fakultas Biologi UGM. Segala hal yang berkaitan dengan dasar dari suatu KS/lembaga dibahas di musyang ini tiap tahunnya. Musyang ini juga menjadi momen besar karena ketua baru yang akan memimpin suatu KS/lembaga selama setahun ke depan dipilih di acara ini. Salah satu KS yang menyelenggarakan musyang adalah KSK Biogama.

KSK Biogama menyelenggarakan musyang ke – XV pada hari Selasa dan Rabu, 13-14 Januari 2015. Dengan panitia yang berasal dari angkatan diklat XV, musyang diadakan di  Dusun Kabregan, Piyungan, Bantul, DIY. Musyang dihadiri oleh lebih dari 100 orang anggota aktif, Dewan Penasihat Organisasi (DPO), dan alumni KSK Biogama. Acara secara resmi dibuka oleh Drs. Trijoko, M.Si. selaku pembina KSK Biogama. Musyang diawali dengan diskusi dan penetapan revisi Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta pemabahasan Garis Besar Acuan Program (GBAP) jangka pendek dan panjang. Agenda ini dipimpin oleh tiga orang pimpinan sidang, yakni Safira Chairani D. (D XIII), Yoko Adi Tranggono (D XIV), dan Ari Widya Pangesti (D XV). Acara dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban Pengurus Harian (PH) KSK Berlayar 2014 di bawah pimpinan ketua KSK, Muhammad Zusron. Laporan pertanggung jawaban ini merupakan hasil tertulis dari semua kegiatan yang telah diadakan dalam satu tahun kepengurusan PH KSK Berlayar 2014. Setelah melalui pembahasan yang cukup menyita waktu, kabinet KSK Berlayar 2014 akhirnya secara resmi dinyatakan demisioner.

DSCN0915

Pelantikan anggota madya dan anggota ahli sebagai motor utama KSK Biogama juga menjadi agenda penting dalam musyang. Anggota madya dari angkatan diklat XIV dilantik dan secara resmi telah menjadi anggota dari lima kelas keilmuan yang ada di KSK Biogama. Anggota madya angkatan diklat XIII yang telah lolos rangkaian kelas keilmuan dan diklat lanjut (Dikjut) juga dilantik setelahnya. Acara dilanjutkan dengan pemilihan ketua baru KSK Biogama. 15 orang calon ketua baru KSK Biogama diajukan ke forum musyang. Agenda ini dimoderatori oleh Imron Riyanto (D XII). Seleksi ketua baru dilakukan dengan wawancara terbuka serta diskusi anggota forum musyang. Setelah melalui perdebatan yang cukup panjang, terpilihlah ketua baru KSK Biogama periode 2015/2016, yakni Hanung Charendra (D XIII). Serah terima jabatan dilakukan dari ketua sebelumnya ke ketua baru pada Rabu pagi hari (14/01/15).

DSCN0969

Acara musyang juga tak lepas dari acara kultural seperti makan bersama, pemutaran film oleh tim Create, serta pengumuman pemenang KSK Awards. Anggota tim jurnalistik serta tim Create juga memperoleh apresiasi setelah selama setahun bekerja bersama untuk pengembangan ranah eksternal KSK Biogama. Musyang ini diakhiri pukul 10.30 WIB dengan lancar dan tertib tanpa adanya suatu halangan apapun.

Pada akhirnya, musyang bukan hanya menjadi akhir, tapi menjadi awal bagi kepengurusan yang baru. Kami ucapkan selamat kepada ketua KSK terpilih periode 2015/2016, Hanung Charendra. Semoga amanah dan mampu bersama awak KSK lainnya membawa KSK menuju ke arah yang lebih baik.

JALES VIVA, JAYA KSK!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s