KSK 14th Birthday dan Sarasehan Alumni: Selebrasi Ulang Tahun dengan Mempererat Tali Silaturrahmi

kskbirthday

(14/10/14) Semilir udara pagi sejuk menerpa wajah kami saat mengendarai motor menuju Perpustakaan pusat. Pagi itu, tanggal 27 September 2014, Kelompok Studi Kelautan mengadakan acara KSK 14th Birthday dan Sarasehan Alumni yang bertempat di Ruang Seminar lantai 2 Perpustakaan Pusat UGM. Acara yang dimulai pada pukul 8.30 WIB berlangsung meriah dengan dihadirinya banyak anggota KSK dan alumni yang menyempatkan diri untuk datang ke Yoyakarta dari berbagai domisilinya masing-masing.

KSK 14th Birthday dan Sarasehan Alumni merupakan kegiatan yang rencananya akan dilaksanakan sekali tiap tahunnya dalam rangka memperingati hari jadi KSK Biogama tiap tanggal 19 September dan menjalin tali silaturrahmi antar anggota dan alumni KSK Biogama. Acara ini diawali oleh sambutan dari ketua panitia saudara Cheppy Ananta, ketua KSK saudara Muhammad Zusron, pembina KSK Bapak Drs. Trijoko, M.Si. Selanjutnya acara diisi dengan pemaparan sepak terjang KSK selama 14 tahun oleh ketua KSK, dari zaman dahulu yang masih sebatas Forum Diskusi Laut yang dibentuk oleh Hilman Ahyadi hingga sekarang telah menjadi kelompok studi yang telah menelurkan banyak prestasi baik nasional maupun internasional. Acara lalu diikuti oleh sharing pengalaman dari alumni KSK Biogama. Acara inti dari Sarasehan alumni adalah pembentukan struktur Ikatan Alumni Kelompok Studi Kelautan (IKAN). IKAN dirasa perlu dibentuk secara resmi karena selama ini para alumni KSK hanya sekedar bertegur sapa di jejaring sosial tanpa ada struktur organisasi yang jelas. Selain itu, adanya organisasi alumni yang bersifat resmi ini, kegiatan KSK yang melibatkan alumni juga nantinya diharapkan lebih terorganisir. Diskusi ini berlangsung cukup lama hingga akhirnya terpilihlah Riza Arief Putranto (angkatan D II) sebagai Ketua Umum IKAN.

kskbirthday1

Acara selanjutnya break sholat Dzuhur dan makan siang. Acara kembali dimulai tepat pukul 13.00 WIB dengan penampilan yang membuat siang semakin panas oleh Paradisaea, kelompok modern dance yang beberapa punggawanya adalah anggota KSK. Acara pun ditutup pada pukul 14.00 dengan sebelumnya membagikan kado silang dan foto bersama. Keriaan terjadi ketika kado sialng dibuka karena banyak kado yang menjadi surprise di tengah riuhnya acara. Pada malam harinya, anggota KSK Biogama melaksanakan acara ‘mantai’ bersama di Pantai Drini, pantai yang selama ini menjadi basecamp KSK. Acara dimeriahkan dengan bakar jagung bersama.

Harapannya di ulang tahun yang ke 14 ini KSK bisa terus tumbuh melebarkan sayap dan tetap berdiri kokoh sebagai organisasi yang concern di bidang kelautan serta mampu terus menelurkan penelitian dan karya-karya yang bermanfaat untuk kelautan Indonesia. Selain itu, mempererat tali silaturrahmi antara anggota aktif KSK Biogama dengan alumni KSK Biogama juga menjadi tujuan utama acara ini . Acara ini juga diharapkan menjadi awal dari sarasehan – sarasehan yang ada di tahun – tahun selanjutnya (Anita).

Karena KSK ada dari kita, oleh kita, untuk kelautan Indonesia.

JALES VIVA? JAYA KSK!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s