Oceans Day : Mangrove Replant di Pasir Mendit, Kulonprogo

Image

(18/06/14) Pada hari Minggu, 15 Juni 2014, KSK Biogama menyelenggarakan peringatan Oceans Day dengan tema ‘Save Oceans, Save our Earth’. Acara ini diselenggarakan di Desa Pasir Mendit, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Oceans Day merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh divisi Eksternal (Publikasi, Jaringan, Kemasyarakatan dan Alumni) KSK Biogama. Acara yang merupakan bentuk perayaan World Oceans Day 2014 tanggal 8 Juni ini berbeda dari acara pada tahun sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, KSK Biogama memperingatiWorld Oceans Day dengan kegiatan mangrove replant untuk menjaga kawasan mangrove di area Pasir Mendit tetap lestari. KSK Biogama turut pula mengajak masyarakat di luar KSK Biogama untuk turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian ekosistem mangrove.

Tepat pada pukul 07.30 WIB acara dibuka dengan pembacaan doa dan sambutan dari Dosen Pembimbing KSK Biogama Bapak Drs. Trijoko, M.Si. Kegiatan ini bekerja sama dengan beberapa lembaga dan kelompok pecinta lingkungan. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini antara lain berasal dari UIN, SMAN 4 Yogyakarta dan civitas akademika UGM dari berbagai fakultas.

Image

Gambar 1. Pembukaan dan sambutan oleh Bapak Drs. Trijoko, M.Si.

Cuaca yang sangat terik tidak memadamkan semangat para peserta untuk menanam mangrove. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang masing-masing dipandu oleh pemandu. Saat acara berlangsung, peserta melewati jalur-jalur menuju tempat penanaman mangrove yang telah disiapkan oleh panitia. Pada jalur tersebut terdapat stand atau pos-pos yang diisi oleh panitia yang bertugas di pos tersebut. Tiap-tiap pos tersebut memberikan materi dan games yang menyenangkan serta membutuhkan kekompakkan dari tiap kelompok. Hal ini dimaksudkan agar peserta memiliki rasa kerjasama dan toleransi serta saling mengenal satu sama lain. Pada pos pertama, games yang sangat seru dengan tema “Pesan berantai gerakan” dengan cara tiap kelompok berbaris lurus sampai kebelakang, baris paling belakang akan dibisikkan kata-kata tentang kelautan oleh panitia lalu diperagakan di depan dan yang paling depan akan memperagakan ke penebak. Pada game ini bagi yang kalah akan dicoret dengan  arang. Kemudian pada pos kedua dengan tema “Happy Hamster”, dengan cara lingkaran besar dari koran yang telah disediakan oleh panitia akan dimasuki oleh 5 orang peserta dengan jarak 2-3 meter dan kelompok yang dinyatakan menang adalah kelompok yang bisa maju dan korannya tidak terobek. Kemudian dilanjutkan pada pos istirahat, peserta dibolehkan istirahat ditempat yang telah disediakan panitia dan diberikan minuman. Dan terakhir pos 3 dengan tema “Bom-Bom” dengan cara setiap kelompok harus melewati 12 kotak yang setiap kotaknya terdapat kotak zonk dan yang melewati kotak tersebut akan dilempar air dalam plastik oleh panitia.

Kegiatan berikutnya adalah penanaman mangrove. Peserta dengan sangat antusias membawa perlengkapan menanam seperti bibit mangrove (propagul), pasak dan tali rafia. Meskipun harus basah-basahan dan terendam oleh air tidak menyurutkan semangat peserta untuk menanam mangrove. Setelah selesai penanaman mangrove, dilanjutkan dengan foto bersama di tengah muara sungai oleh seluruh peserta dan panitia.

Tepat pukul 15.00 WIB acara mangrove replant ditutup dengan pembacaan doa oleh MC. Dengan diadakannya kegiatan tersebut, diharapkan tidak hanya anggota KSK Biogama yang bisa peduli terhadap kelestarian ekosistem mangrove namun juga seluruh masyarakat di Indonesia. Semoga Oceans Day selanjutnya bisa lebih banyak mengajak seluruh masyarakat dari berbagai kalangan untuk bersama menjaga laut dan masa depan. Salam hari kelautan sedunia, Save Oceans and Save our Earth! (Hanung/Melisa)

One thought on “Oceans Day : Mangrove Replant di Pasir Mendit, Kulonprogo

  1. Rudi Nirwantono says:

    Wah asiknya tanem mangrove sambil renang-renang di laguna😀
    Semoga bermanfaat! KSK untuk Negeri😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s