CRASH #4: Dare to Speak to the World!

Image

(20/05/14) Pada hari Sabtu, 3 Mei 2014, KSK Biogama menyelenggarakan CRASH (Creativity Workshop) #4 dengan tema ‘Dare to Speak to the World’. Acara ini diselenggarakan di ruang Biologi Dasar Atas Timur (BAT) Fakultas Biologi UGM.. CRASH merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh divisi K’Prok (Kreativitas dan Produksi) KSK Biogama. Berbeda dari CRASH sebelum-sebelumnya, CRASH kali ini lebih menekankan pada skill berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

     Tepat pukul 13.30 WIB acara CRASH dimulai. Acara tersebut dibagi ke dalam dua pematerian yaitu materi “Oral Presentation” yang disampaikan oleh Immanuel Sanka (Biologi 2010), salah seorang finalis mahasiswa berprestasi UGM 2014 yang juga merupakan anggota KSK Biogama dan materi “Daily Conversation” yang disampaikan oleh Hanadia Yurista (Fisipol 2011).  Pada materi “Oral Presentation” peserta diajarkan bagaimana memunculkan keberanian berbicara dalam bahasa asing dan tips presentasi oral yang baik dalam sebuah konferensi atau event serupa . Selain itu, diberikan pula contoh bagaimana presentasi oral dalam konferensi internasional.

Image

Gambar 1. Immanuel Sanka memaparkan materi oral presentation

Pada pematerian “Daily Conversation” membahas tentang  pentingnya berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Berkomunikasi tersebut meliputi kemampuan untuk berbicara dalam bahasa Inggris, kemampuan mengolah kata, menyesuaikan ekspresi, bahasa tubuh, dan sebagainya.Dalam pematerian ini dipaparkan pula tips public speaking yang baik. Pada akhir pematerian, peserta diminta untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan teman di sampingnya dan saling menebak hobi. Pematerian disampaikan pembicara dengan sangat komunikatif dan menarik sehingga antusias peserta sangat tinggi dalam mengikuti acara tersebut terlebih lagi ada pembagian doorprize kepada peserta CRASH yang aktif.

Image

Gambar 2. Hanadia Yurista menerima kenang-kenangan dari KSK Biogama diwakilkan oleh ketua KSK Biogama, Muhammad Zusron

     Tepat pukul 15.30 WIB acara Crash ditutup dengan pembacaan doa oleh MC. Dengan adanya acara tersebut, diharapkan anggota KSK Biogama lebih berani dan terampil berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan maupun dalam presentasi oral untuk publikasi internasional. Semoga CRASH selanjutnya lebih menarik dengan pematerian yang lebih hebat tentunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s