Upgrading Anggota Muda KSK Biogama

10351167_10202111240810266_3174887308547884352_n

06/04/14Basic Skill of Organizationmenjadi tema upgrading pertama yang dilakukan Sabtu tanggal 5 April 2014 kemarin. Sasaran dari upgrading yang dilaksanakan oleh divisi PSDM ini adalah anggota muda DXIV. Sekitar 34 dari 43 anggota muda memenuhi Palung KSK Biogama siang itu. Acara dipandu oleh Luqman Fikri Amrullah dan Nur Faizah dan dibuka dengan sambutan dari Muhammad Zusron selaku ketua KSK Biogama dan Bella Riskaputri selaku ketua panitia upgrading kali ini.

Selanjutnya dimulai sesi pertama mengenai administrasi dan birokrasi KSK Biogama. Pada sesi ini seluruh peserta dibagi dalam empat kelompok untuk mendiskusikan contoh surat, proposal, dan laporan yang diberikan. Masing-masing kelompok dipandu oleh seorang pemandu yang berperan sebagai moderator diskusi. Moderator memimpin acara diskusi tentang surat peminjaman, proposal kegiatan, dan laporan pertanggungjawaban. Para peserta diskusi sangat antusias dan aktif berdiskusi selama acara berlangsung. Kemudian acara dipimpin oleh Anisa Hardiyati, sebagai Sekretaris Jendral KSK Biogama tahun 2014, untuk menyampaikan hasil diskusi sekaligus penjelasan terkait pertanyaan atau perdebatan-perdebatan yang timbul selama diskusi. Dengan adanya diskusi ini diharapkan peserta menjadi semakin paham tentang pembuatan dan alur penyampaian baik surat menyurat, proposal, maupun laporan kegiatan.

Sesi kedua dilaksanakan di beranda Swadaya yang diisi oleh Matin Nuhamunadamengenai self-management yang dibutuhkan seseorang dalam suatu keorganisasian. Pada sesi ini peserta menjadi satu kelompok besar dan dibuka dengan sebuah game dimana peserta membuat 8 buah kartu nama dengan jabatan pekerjaan atau predikat yang mereka  mimpikan beberapa tahun ke depan. Mimpi tersebut dapat segila dan setinggi mungkin tanpa mempedulikan fakta bahwa mereka adalah mahasiswa semester 2 di Fakultas Biologi UGM. Kemudian mereka saling menukar kartu nama buatan tersebut. Game tersebut berlangsung ramai apalagi dibarengi dengan hujan deras yang sedang turun saat itu. Matin menjelaskan bahwa seorang harus mengenal potensi diri dan lingkungan, memanfaatkan kesempatan dimanapun kita berada, dan terus berusaha untuk meraih mimpi-mimpi tersebut.

10444706_10202111240690263_499848748123385393_n

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s