Berlayar di KSK Hingga Berlayar Keliling Indonesia

1903450_10202314877585064_445790305_n

Alumni KSK yang akrab disapa Mas Bowo saat ini sedang aktif menjabat sebagai pelaksana Direktorat Konservasi Kawasan dan Jenis Ikan, Ditjen Kelautan Peisisir dan Pulau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan. Ditemui disela-sela kesibukannya di kantor KKP Jalan Medan Merdeka Timur No. 16, Gedung Mina Bahari III Lt. 11 Jakarta Pusat Mas Bowo yang juga merupakan anggota Komunitas Historia Indonesia banyak berbagi pengalamannya kepada pada dua anggota Kelompok Studi Kelautan Immanuel Sanka dan Qonitha Shalihah (6/2/14). Dalam kesempatan tersebut pria asal Bogor ini juga membagi pandangannya mengenai KSK sekarang ini.

Perkembangan KSK kian lama kian pesat. Tidak heran dalam obrolan siang itu Mas Bowo menyampaikan pujiaannya mengenai kemajuan-kemajuan KSK serta beberapa saran yang perlu untuk diperhatikan oleh semua pengurus aktif KSK. “Bisa lebih maju lagi dan bisa banyak terjun ke masyarakat untuk mengembangkan ilmunya! Awalnya sudah banyak dikenal di Nasional, tapi bisa lebih dikembangkan ke Internasional juga” tutur Mas Bowo. Sebagai organisasi mahasiswa yang sudah bisa dinilai produktif, KSK memiliki potensi yang besar di masyarakat. Membangun masyarakat pesisir lewat tenaga, inovasi, dan riset anggota KSK. Dengan demikian peran KSK tidak hanya akan berhenti di prestasi-prestasi hitam di atas putih. Tidak akan berhenti dalam bentuk presentasi dan paper saja.

Tantangan lain abukan hanya tantangan untuk bisa lebih berprestasi di lingkup nasional maupun internasional serta tanangan untuk terjun ke masyarakat, KSK juga memiliki tantangan internal yang cukup berat. Banyak kendala yang mungkin akan dihadapi organisasi ini, seperti jadwal kuliah yang padat dan kesulitan mengatur organisasi dengan jumlah anggota yang banyak. Beliau berpendapat bahwa potensi setiap anggota KSK perlu untuk difasilitasi lewat kegiatan yang dapat menjawab kebutuhan organisasi maupun masyarakat. “Mungkin perlu diperbanyak kegiatannya dan dibagi biar terdistribusi rata” imbuh Mas Bowo.

Berbagai kegiatan dan kenangan selama aktif di KSK Biogama menjadi bagian dari bekal Mas Bowo berkiprah di dunia Kelautan Republik Indonesia. Berpindah dari laut satu ke bagian laut yang lain, Mas Bowo berharap perjuangannya dapat diteruskan oleh adik-adik KSK. Bakti pada bangsa lewat rasa cinta pada lautan.

Kelak jika waktunya sudah datang,
Berlayarlah Keliling Indonesia! Mengabdi pada Bangsa!

Diujung pertemuan perpustakaan KSK mendapat suplai buku dari mantan ketua KSK, Mas Bowo, mengenai konservasi kelautan yang dipublikasikan oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan. More about Mas Bowo (http://callbowo.wordpress.com/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s