KSK Siap Berlayar

ImageGambar 1. Serah terima jabatan dari Matin Nuhamunada (kanan) kepada Muhammad Zusron (kiri), Ketua KSK Biogama 2014

Kelompok Studi Kelautan (Senin, 3/2) memasuki babak baru kepengurusan dengan ditandai kegiatan sosialisasi program kerja pengurus harian KSK selama satu tahun ke depan. Acara yang dihadiri oleh seluruh anggota, dewan penasehat organisasi dan alumni ini mengangkat tema besar KSK Berlayar 2014.

Berlayar! Mengandung sebuah makna perjalanan jauh untuk mengarungi luasnya samudera yang menghadirkan banyak tantangan dan halangan bahkan taruhannya adalah nyawa. Ini sulit dilaksanakan namun semua itu telah dilakukan oleh para leluhur kita, masih ingatkah dengan lagu masa kecil kita ?

“Nenek moyangku seorang pelaut, gemar mengarung luas samudra, menerjang ombak tiada takut, menempuh badai sudah biasa.”
“Angin bertiup layar berkembang, ombak berdebur ditepi pantai, pemuda b’rani bangkit sekarang, ke laut kita beramai-ramai.”

hanya orang-orang yang bertekad, berani dan bergotong-royonglah semua hambatan itu berhasil dilewati.
Berabad-abad silam orang berlayar memiliki maksud dan tujuan untuk mengejar suatu impian yang dicita-citakan demi memperoleh kejayaan dan kemuliaan hidup. Suku Bugis dengan kapal layar tradisionalnya Kapal Pinisi mahakarya Indonesia dengan teknologi zaman itu berhasil keliling Nusantara dan keliling dunia melewati tujuh samudera. Hingga sekarang sejarah itu mampu mengilhami perkembangan kapal-kapal modern saat ini.
Spirit berlayar inilah yang coba diimplementasikan dalam kehidupan berorganisasi KSK Biogama sebagai sebuah organisasi keilmuan yang bergerak dibidang kelautan dengan banyak cita-cita dan impian yang ingin diraih dari tahun ke tahun. Dengan tema kepengurusan KSK Berlayar 2014 maka diharapkan melalui program kerja yang baru bisa membawa KSK mengenal pengalaman baru, belajar rekasa dari ujian yang datang, menjaga keutuhan awak anggotanya, mencapai semua impian dan cita-cita luhurnya, gotong-royong, mandiri, mencari jaringan dan persaudaraan, bahkan mengabdi untuk masyarakat berdasarkan keilmuan KSK.
Dengan demikian, kalau KSK diibaratkan sebuah kapal maka kapal itu adalah KRI Dewaruci yang tangguh dan disegani sehingga mampu mengantarkan para awak anggotanya mencapai puncak prestasi yang tinggi dan mulia. Membawa anggota yang pemberani dan intelektual dengan kecakapan keilmuan yang mendalam namun memiliki kesederhanaan, ketulusan hati, keterbukaan pemikiran dan wawasan seluas samudera. Semua ini kami lakukan demi kejayaan dan tegaknya panji KSK Biogama, kemajuan masyarakat kelautan Indonesia, dan kemuliaan Ibu Pertiwi, Bangsa Indonesia!!!.

Jales viva, Jaya KSK !

 

One thought on “KSK Siap Berlayar

  1. amarizni says:

    Semangat para pengurus dan anggota KSK! Selamat berlayar memajukan ilmu kelautan dan bermanfaat bagi Indonesia!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s