Tim Mikroalgae Berhasil Tembus Ranah Internasional

Image

Matin Nuhamunada, mantan Ketua KSK periode 2012/2013 mewakili Asia Tenggara dalam babak final The 3rd Annual Research Poster Competition for Undergraduates yang diselenggarakan oleh King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) di Thuwal, Saudi Arabia pada 19-24 Januari 2014. Babak final ini dihadiri oleh 50 karya penelitian terbaik mahasiswa jenjang S1 dari berbagai negara seperti California Institute of Technology, Mc Gill University, dan Massachusetts Institute of Technology.

Penelitian yang dilakukan  ini merupakan lanjutan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang dikerjakan bersama 4 mahasiswa lainnya dari Kelompok Studi Kelautan Fakultas Biologi UGM (KSK Biogama), yaitu  M. Zusron, Alfian Bani K., Emma Permata H., dan Sri Rahayu. Di bawah bimbingan Eko Agus Suyono, M. App. Sc., Tim Mikroalga UGM berharap dapat mengembangkan teknologi dan produksi mikroalga lokal di Indonesia.

Tim Mikroalgae meneliti mengenai eksplorasi mikroalga di pesisir selatan DIY yang digunakan sebagai sumber produksi biomassa di kawasan pantai yang tandus. Mikroalga merupakan mikroorganisme fotosintetik yang mampu menyerap emisi CO2 di udara menjadi biomassa. Sebagai pusat biodiversitas dunia, Indonesia memiliki strain-strain mikroalga unggul yang belum dieksplorasi. “Strain unggul yang ditemukan dari penelitian ini diharapkan dapat diaplikasikan bersama dengan masyarakat pesisir untuk produksi bahan bakar yang terbarukan,” papar Nuha.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s