Small Group Discussion Anggota Muda Diklat XIII

IMG_8996

Small Group Discussion merupakan  syarat yang wajib diikuti oleh Anggota Muda Diklat XIII dalam menempuh alur kaderisasi di KSK Biogama. Dalam pengaplikasiannya, total jumlah anggota muda di bagi menjadi 10 kelompok yang dipandu oleh 1 Anggota Madya. Rangkaian SGD ini sudah dimulai sejak bulan Maret lalu dan akan diakhiri pada bulan Oktober ini setelah dilakukan UASGD.  Small Group Discussion ini diisi dengan pematerian secara umum mengenai Keorganisasian KSK Biogama, 5 Kelas Keilmuan (Algae, Crustacea, Echinodermata, Moluska, Pisces) dan Metode Sampling Lapangan.

Image

 Kebersamaan anggota KSK Biogama

Pada tanggal 5-6 Oktober 2013 lalu, selama 2 hari Anggota Muda diberikan pelatihan lapangan mengenai metode sampling yang sering digunakan dalam pengambilan data oleh 5 Kelas Keilmuan di Pantai Nguyahan, Gunungkidul Yogyakarta. Sebanyak 45 Anggota Muda dengan antusias berangkat menuju basecamp, bersama-sama menggunakan bus menuju pantai. Waktu surut di pantai ini sekitar pukul 15.00 WIB sehingga pukul 14.00 WIB para anggota muda diberi pengarahan oleh anggota madya masing-masing kelas keilmuan mengenai teknik sampling dan biota yang sering ditemukan di pantai Nguyahan. Untuk memantapkan pematerian yang sudah ditransfer oleh anggota madya kelas keilmuan, dilanjutkan diskusi asyik dengan pemandu masing-masing untuk membahas lebih lanjut mengenai sampling secara umum.

Image

Image

Malam harinya, anggota muda bergabung bersama kelas kelimuan sesuai dengan kelompoknya berdiskusi dan menganalisis data yang diperoleh ketika sampling diurnal tadi. Tak lupa pula untuk mendekatkan rasa kekeluargaan antar anggota KSK Biogama, fun games menjadi pilihan. Dipandu oleh Rindra (DXI), Endah (DXII) dan Mawar (DXII), games ini memecah keheningan area sekitar pantai menjadi lebih hangat.Image

Fun Games di pendopo Pantai Ngobaran

Image

Image

Image

SGD Lapangan ini diakhiri dengan pembelajaran teknik preservasi spesimen yang didapatkan agar tetap awet ketika dibawa kembali ke Palung. Ucap syukur dan selamat kepada 45 anggota muda yang berhasil mengikuti rangkaian Small Group Discussion hingga akhir penentuan pengelompokan Kelas Keilmuan setelah diadakan UASGD dan presentasi poster. (Indira)

Slide1

Suasana UASGD Anggota Muda DIklat XIII

Slide2

Presentasi Poster oleh Anggota Madya

One thought on “Small Group Discussion Anggota Muda Diklat XIII

  1. Rudi Nirwantono says:

    udah siap-siap jadi anggota madya nih para anggota muda😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s