Eksplorasi Pantai Sarangan dan Pantai Pok Tunggal

Sabtu (4/5) Kelompok Studi Kelautan Fakultas Biologi UGM mengadakan kegiatan Eksplorasi di pantai Sarangan Gunung Kidul Yogyakarta dengan jumlah peserta sebanyak 76 orang. Pantai Sarangan berada di sebelah barat pantai Krakal yang merupakan salah satu objek wisata pantai di Yogyakarta. Pantai Sarangan termasuk pantai yang belum begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dibandingkan dengan pantai lain di Gunung Kidul seperti pantai Drini dan pantai Indrayanti. Namun pantai ini tidak kalah menarik dengan pantai lainnya. Kegiatan ekplorasi ini bertujuan untuk menambah pengetahuan lebih mengenai biota laut yang ada di kedua pantai tersebut kepada anggota muda KSK Biogama. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 4-5 Mei 2013. Pada malam hari eksplorasi diisi dengan sampling malam di pantai Sarangan pada saat surut sekitar pukul 22.00 WIB untuk mengamati dan mengenal hewan laut yang bersifat nocturnal (aktif pada malam hari).

ImageGambar 1. Pengarahan kepada anggota muda

Pagi harinya Minggu diadakan pula kegiatan bersih pantai dari pantai Sarangan hingga pertengahan pantai Krakal, kegiatan ini dilakukan oleh seluruh anggota KSK Biogama sebagai wujud peduli terhadap kebersihan pantai. Selain itu akibat banyaknya wisatawan lokal yang banyak membuang  sampah tidak pada tempatnya sehingga pantai pun terlihat kotor dan tak terawat.

ImageGambar 2. Anggota muda KSK Biogama melakukan aksi bersih pantai

Selain sampling malam diadakan pula sampling siang dengan lokasi pantai yang berbeda yaitu pantai Pok Tunggal. Lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, tepatnya di sebelah Timur Pantai Watulawang dan di sebelah Barat Pantai Ngetun, sekitar 50 km dari kota Wonosari atau sekitar 2 jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Pantai tersebut terletak sekitar kurang lebih 2 km dari lokasi pantai Sarangan. Lokasi pantai Pok Tunggal ini memiliki medan yang cukup berat, karena sebagian jalan  belum diaspal, dan masih berupa bebatuan atau karst sejauh 1 km dari jalan utama menuju pantai Pok Tunggal. Surut pantai Pok Tunggal sekitar pukul 10.00 WIB sehingga ekplorasi berlangsung ditengah kepadatan wisatawan lokal yang ada.

ImageGambar 3. Lokasi pantai Sarangan Gunung Kidul, Yogyakarta

Image

 Gambar 4. Lokasi Pantai Pok Tunggal, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta

Setelah sampling di kedua pantai dilakukan dilanjutkan demo cara preservasi biota laut oleh tiap tiap kelas keilmuan seperti Algae, Echinodermata, Crutacea, Mollusca dan Pisces. Kegiatan ekplorasi ini pun diakhiri pada pukul 14.35 WIB dan peserta eksplorasi segera bersiap perjalanan pulang menuju Yogyakarta.

Hasil dari ekplorasi ini didapatkan berbagai jenis flora dan fauna laut seperti Ulva sp., Turbinaria sp., Chaetomorpha sp., Ophiocoma sp. (bintang mengular), Echinometra mathaei, Tripneustes gratilla, Holothuria sp., Aplysia sp., Cypraea sp., Conus sp., Octopus sp., Chaetodon sp., Murae sp., Talamita sp., Percnon planisimus, Leptodius sanguensis dan masih banyak lagi.

 Image

Gambar 5.  Jenis Aplysia sp. yang ditemukan di Pantai Pok Tunggal

Diharapkan kegiatan ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan mengenai keanekaragaman fauna dan flora laut di pantai Sarangan dan pantai Pok Tunggal, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Rosita)

Jaya Lautku Jaya Indonesia !!

Jales Viva Jaya KSK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s