Photo of the Month #Maret 2013

eksploitasi sirip ikan hiu #maret

Sirip hiu yang semestinya terpasang pada tubuh ikan hiu dikeringkan untuk dijadikan bahan makanan di Hongkong. Jumlahnya pun tak sedikit, lebih dari 10.000 sirip hiu siap dijadikan sup lezat di Asia. Bayangkan !
Tingkat konsumsi sirip ikan hiu ternyata dapat menunjukkan status taraf hidup orang Asia. Selain dipercaya memiliki manfaat sebagai obat, ternyata sirip ikan hiu juga sering disajikan dalam beberapa selebrasi. Ada yang lebih kejam lagi lo! Jadi, setelah diambil siripnya, hiu dilemparkan kembali ke laut. Mengerikan. Tapi bener gak sih kalo sirip ikan hiu memiliki manfaat sebagai obat? hmmmm..

menurutmu gimana, reader ?
apa yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan hiu-hiu ini ? (Chandra P)

8 thoughts on “Photo of the Month #Maret 2013

  1. Rahayu Ramadhani says:

    Menurut evolusi, ikan hiu merupakan salah satu hewan yang dapat hidup di laut selama ratusan juta tahun lamanya. Mereka mampu melawan kepunahan melalui keanekaragaman relative. Oleh sebab itu menjadi species indicator yang baik guna mengukur dampak kegiatan manusia di dalam ekosistem laut. Namun, banyak yang memburunya untuk mengambil sirip hiu ini. Dan ternyata, sirip punggung merupakan makanan mahal setelah dibuat soup. Harga semangkuk soup sirip hiu mencapai US$ 100,00 di restoran-restoran seafood di seluruh dunia.
    Pengambilan sirip ikan hiu telah menjadi industri yang bernilai miliaran rupiah karena sup ini dianggap sebagai makanan yang mewah, berkelas dan menjadi menu kehormatan. Mengonsumsi sup sirip ikan hiu telah menjadi tradisi dalam budaya China. Berdasarkan buku kesehatan China. diketahui manfaat dari sirip ikan hiu meliputi peremajaan kulit, peningkatan nafsu makan, bermanfaat untuk energi, untuk ginjal, paru-paru, tulang dan beberapa bagian tubuh lainnya, seperti dikutip dari FAO. Manfaat kesehatan ini berasal dari sirip dan moncong hiu yang terbuat dari tulang rawan. Hiu diketahui memiliki ketahanan yang kuat terhadap infeksi serta kekebalan terhadap kanker.
    Beberapa manfaat kesehatan lain juga diduga bisa berasal dari sirip ikan hiu ini, seperti mengobati penyakit artrithis. Peneliti dari University of Maryland Medical Center menuturkan salah satu sumber chondroitin dari non-manusia adalah sirip hiu. Chondroitin membantu tubuh dengan cara merangsang pertumbuhan tulang rawan untuk meredakan gejala yang berhubungan dengan osteoarthritis.
    Sedangkan, American Cancer Society melaporkan obat anti-kanker yang sedang dikembangkan pada Juni 2010 menggunakan tulang rawan dari sirip ikan hiu. Peneliti menulis tulang rawan sirip hiu ini bisa mencegah atau memperlambat pertumbuhan pembuluh darah baru dalam tubuh manusia. Selain itu, studi tahun 1995 yang dilakukan peneliti Italia menunjukkan bahwa tulang rawan sirip hiu bertindak sebagai obat anti peradangan (anti-inflamasi). Tulang rawan ini mengandung salah satu asam aktif (asam eicosapentaenoic) dalam jaringan lemak yang menyerang jaringan tubuh yang meradang.
    Tidak hanya sirip hiu saja yang digunakan, akan tetapi bagian-bagian tubuh lainnya juga mempunyai maaf yang beragam. Meskipun demikian, sebagai masyarakat harus lebih bijak dalam penyelamatan eksploitasi ini. Dan belum lama ini WWF telah melakukan gerakan penyelamatan hiu di seluruh dunia. Oleh karena itu, dukung gerakan penyelamatan populasi hiu saat ini juga untuk mencegah kepunahan!#SaveOurSharksFromABowlOfSoup

  2. budidaya ikan hiu,..😀

  3. kata mas haikal ada film aku lupa apa namana tentang hiu gitu, dan lebih memprihatinkan lah keadaanya

  4. Rudi Nirwantono says:

    kalo misal budidaya sirip ikan hiu gmna,,??
    PKM tuh, hehe

  5. Afina says:

    stem cell sirip ikan hiu.. :3

  6. pi'i says:

    kultur jaringan ikan hiu berarti? hehe

  7. mysha says:

    solusinya adalah dengan mencari alternatif bahan lain..
    ceker ayam kan bisa dijadikan solusi…
    kandungan nutrisi dalam ceker ayam serupa dengan sirip ikan hiu..
    lagian juga lebih murah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s