Stadium General 2 – UTS SGD – Crash (Creativity workshop)

27 Mei 2012. Berdasarkan kurikulum yang diterapkan oleh divisi keilmuan dan PSDM, menunjukkan bahwa pada setiap tingkatan anggota KSK khususnya anggota muda, diwajibkan untuk mengikuti rangkaian kegiatan SGD (Stadium General Discussion). Kegiatan SGD ini merupakan forum diskusi yang dipandu oleh anggota madya, fasilitas bagi anggota muda untuk menambah ilmu, menambah teman, serta syarat untuk menjadi anggota madya. SGD diadakan mulai dari bulan April-Oktober yang terdiri dari UTS, UAS, dan SGD Lapangan (berupa eksplorasi). Setelah berlangsung forum diskusi keilmuan – terdiri dari kelas keilmuan Algae, Echinodermata, Mollusca, Crustaceae, dan Pisces – diadakan Ujian Tengah Semester SGD untuk melihat kemampuan anggota muda dalam mempelajari dasar masing-masing kelas keilmuan tersebut.

Ujian Tengah Semester ini diadakan di ruang 1 Fakultas Biologi UGM, dengan jumlah peserta 60 orang. Soal ujian meliputi 5 kelas keilmuan dasar (Algae, Pisces, Crustaceae, Echinodermata, Mollusca) dan materi ke-KSK-an dengan waktu ujian 60 menit. Setelah ujian berlangsung, acara dilanjutkan dengan Creativity Workshop (CRASH) dengan tema Pembuatan Film Dokumenter. Pematerian ini disampaikan oleh Muhammad Luthfi Sonjaya, mahasiswa S2 Universitas Gadjah Mada yang gemar membuat film dokumenter. Beliau memperkenalkan tentang ide pembuatan film, bagaimana awal mulanya ide tersebut dan bagaimana film itu dapat menyampaikan pesan kepada penonton. Kemudian beliau juga menyampaikan teknik pengambilan gambar, suara, menghindari noise, sudut pandang gambar yang akan diambil, sampai teknik setelah pengambilan gambar yaitu penyatuan gambar dalam software. Dalam prakteknya, beliau menggunakan software Ulead. Pematerian ini bertujuan untuk membekali anggota KSK agar lebih mengetahui bagaimana teknik penggambilan gambar yang bagus terutama saat di lapangan, pengambilan gambar specimen, serta pengambilan gambar saat melakukan kegiatan.

Euphoria kelulusan masih sangat terasa, tepat tanggal 22 mei yang lalu, 4 orang anggota KSK telah lulus, yaitu Ibnu Agus Ariyanto, Nugroho Aminjoyo, Koim Istriyati, dan Retno Wulandari. Dan untuk merayakan kelulusan tersebut, KSK mengadakan makan nasi kuning bersama setelah pematerian Creativity Workshop (CRASH). Didahului dengan pembacaan doa, acara berlangsung dengan penuh syukur. Sebagai penutup acara, juga dirayakan ulang tahun anggota KSK yang berulang tahun bulan Mei ini, yaitu Erly Sintya, Haikal Prima, Mei Ria, Chandra Praditaningrum, Farahsani, Anjar Lestari, Rindra Aryandari, dan Mas Jaya. Peringatan ulang tahun dilakukan dengan pembacaan doa, dan potong kue. Melalui acara-acara seperti ini diharapkan kekeluargaan KSK dapat senantiasa terjalin dan lebih erat. Amin.

Keluarga Besar KSK. Jales Viva Jaya KSK !

One thought on “Stadium General 2 – UTS SGD – Crash (Creativity workshop)

  1. Laili says:

    makan-makannya itu loh yang bikin bahagiaaa hhaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s