Stadium General #1 dan Pembukaan Small Group Discussion (SGD)

1 April 2012. Perjalanan kita sebagai manusia masih panjang, oleh karena itu kita sebagai manusia harus bisa menghasilkan sesuatu yang berguna dan bermanfaat untuk manusia. Salah satu tahap kita sebagai manusia adalah tahap pendewasaan. Tahap pendewasaan ini kita jalani dengan menjadi mahasiswa, mahasiswa adalah suatu jenjang dimana kita dapat menggali potensi dalam diri untuk terus berkarya bagi diri sendiri dan orang lain. Di masa-masa ini kita dapat belajar lebih dalam bagaimana cara bersosialisasi, mencari relasi, mencari ilmu, bahkan mencari jati diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Di masa ini, banyak tahap belajar yang tidak kita dapati di masa-masa SMA. Selain itu, melalui mahasiswa juga kita bisa belajar untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya, baik itu ilmu jasmani dan rohani. “I know what to do, but I don’t know how to start, I don’t know where to go” begitu lah kata-kata yang diucapkan oleh Mas Thoriq, sebagai narasumber group discussion. Nah sekarang bagaimana kita memulai sesuatu? Kita harus banyak belajar. Salah satu tempat untuk belajar selain ruang kelas adalah organisasi. KSK merupakan salah satu organisasi yang merangkap tempat untuk belajar, tempat untuk sharing, berbagi cerita, dan berbagi mimpi.

Dalam keorganisasian terdapat jenjang-jenjang ilmu, KSK pun begitu, ada jenjang anggota muda, jenjang anggota madya, dan jenjang anggota ahli. Jenjang anggota madya adalah anggota KSK yang telah lulus diklatsar. Jenjang anggota madya adalah anggota KSK yang telah lulus ujian SGD (Small Group Discussion). Serta, jenjang anggota ahli adalah anggota KSK yang telah lulus diklat lanjut. Untuk anggota muda yang baru masuk (DXII) wajib mengikuti tahap SGD (Small Group Discussion). SGD merupakan forum diskusi yang dipandu oleh anggota madya, fasilitas bagi anggota muda untuk menambah ilmu, menambah teman, serta syarat untuk menjadi anggota madya. SGD diadakan mulai dari bulan April-Oktober. SGD juga terdiri dari ujian, ada UTS, UAS, dan SGD Lapangan (berupa eksplorasi). Materi yang diajarkan dalam SGD adalah keorganisasian dan ke-KSK-an, SMK (Standar Mutu Kader), materi 5 Kelas kelimuan (Algae, Crustacea, Echinodermata, Pisces, dan Mollusca), pengenalan teknik sampling dan teknik preparasi, serta forsakerang (forum santai kelas renang). Dengan diadakannya SGD ini, diharapkan anggota madya memiliki standar kelimuan yang sesuai dengan SMK (Standar Mutu Kader) yang berlaku.

“Di KSK kita bukan cuma dapet pengalaman, dapet relasi, dapet keluarga, tapi juga dapet ilmu. Let’s do the best for our beloved KSK. Keep create guys.”

Pentingnya laut bagi kehidupan manusia merupakan tema Stadium General #1 yang dibawakan oleh Bapak Trijoko, selaku dosen pembimbing KSK. Laut merupakan bagian terluas di bumi ini, meliputi 71% dr luas bumi (3.6 x 108 km2). Laut menyediakan berbagai sumber kehidupan manusia, misalnya obat-obatan, pangan, energi, dan tempat rekreasi. Laut juga merupakan produsen O2 terbesar di dunia, yang bersumber dari phytoplankton. “Secara ekonomis, organisme laut bernilai kurang lebih 20 triliun USD” ujar Pak Tri. Beberapa contoh biota laut yang bermanfaat antara lain, ikan, echinus, phytoplankton, algae, dan porifera. Ikan bermanfaat sebagai sumber asam lemak tak jenuh, dan mengurangi penuaan jantung. Gonad pada echinus dapat menurunkan kolesterol dan LDL. Phytoplankton merupakan sumber protein tinggi dalam bentuk single cell protein. Algae merupakan sumber alginate yang biasa digunakan untuk emulsifier makanan dan kosmetik, 1 kg alginate seharga 1 jt rupiah. Sedangkan porifera menghasilkan zat-zat tertentu untuk antibiotik. Secara fungsional, laut berperan dalam bidang transportasi, pertahanan, rekreasi, arkeologi, sumber daya (pangan, energi, air, minyak, biomedik, dll). Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari laut, oleh karena itu kita harus menjaga nya agar ekosistem laut tetap lestari dan sumberdayanya dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Beliau juga memberikan piagam MATAKI untuk KSK, setelah KSK mengikuti seminar nasional MATAKI (Masyarakat Taksonomi Kelautan Indonesia), dan memenangkan kategori “potential candidate in marine taxonomy”. Maju Terus Keilmuan KSK, Jales Viva Jaya KSK !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s