Sosialisasi Kepengurusan PH Menembus Batas – Upgrading Anggota

19 Februari 2012. “Jales Viva, Jaya KSK !”, begitulah pembukaan yang selalu terucap oleh Ketua Umum KSK periode 2012 ini, Andi Mahendra (diklat X). Beliau selaku ketua umum kemudian menjabarkan tema kepengurusan KSK tahun ini, yaitu “Menembus Batas”. Arti dari menembus batas sendiri adalah menembus garis batas-batas cita-cita yang belum tercapai. Luaran yang diharapkan dari menembus batas ini adalah KSK dapat menjadi salah satu organisasi yang “out of box”, dikenal bukan hanya di wilayah UGM atau Yogyakarta saja, tapi juga membangun relasi dengan organisasi di kota-kota lain, bahkan di lingkup internasional. Oleh karena itu, program kerja yang ada di KSK sekarang selain kegiatan khusus untuk anggota, juga ada kegiatan gabungan dengan organisasi-organisasi di luar, dengan harapan dapat membangun tali silaturahmi serta link kerja untuk kedepannya.

Selain menjabarkan tema kepengurusan tahun ini, beliau juga menjabarkan program kerja setiap divisi serta perkenalan sekjen dan menko eksternal. Sekjen (sekretaris jenderal) membawahi divisi I3, kesekretariatan, dan bendahara. Ketua umum membawahi PSDM dan keilmuan. Menko eksternal membawahi k’prok dan Pubjar. Dalam periode kepengurusan ini juga ada divisi baru yaitu k’prok (kreativitas dan produksi), divisi ini mengurusi pembuatan barang-barang yang identik dengan KSK, seperti jaket anggota ahli, PDH (Pakaian Dinas Harian), pin KSK, PDL (Pakaian Dinas Lapangan), dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah visi dan misi periode kepengurusan KSK Menembus Batas. Visi : KSK BIOGAMA menjadi sebuah organisasi yang solid, berkarakter kuat sebagai organisasi keilmuan serta dikenal secara regional maupun nasional sebagai organisasi yang bergerak di bidang kelautan. Misi : 1.Menjadikan KSK BIOGAMA sebagai organisasi yang solid berlandaskan kekeluargaan. 2.Mengembangkan kualitas maupun kuantitas keilmuan dan minat penelitian anggota KSK BIOGAMA. 3.Memperluas jaringan KSK BIOGAMA di regional maupun nasional. 4.Ikut berpartisipasi aktif terhadap permasalahan lingkungan khususnya bidang kelautan.

Setelah sosialisasi kepengurusan, acara dilanjutkan dengan upgrading anggota oleh alumni KSK, Bu Ardaning Nuriliyani, yang juga menjadi dosen histologi dan mikroteknik hewan di Fakultas Biologi UGM. Di dalam upgrading anggota ini, beliau mengajarkan tentang keorganisasian dan keanggotaannya. Organisasi yang sehat adalah organisasi yang dapat mengelola anggotanya dengan baik, sebanyak apapun anggota yang ada di dalamnya. Sedangkan anggota organisasi yang baik adalah anggota yang mengenali anggota-anggota lain dalam organisasi, dan memiliki sense of belonging pada organisasi tersebut. Poin-poin ini dituangkan bukan dalam slide atau presentasi oral, melainkan melalui games yang interaktif. Games yang pertama adalah pengenalan anggota KSK, dengan pembagian peserta menjadi 4 kelompok besar, dan masing-masing peserta diajak untuk mengenal masing-masing anggota KSK beserta ciri khasnya. Games ini dilakukan dengan peserta menyebutkan nama dan ciri khasnya berdasarkan huruf pertama dari namanya, kemudian peserta yang lain menghafalkan dan menyebutkan saat ditunjuk. Games yang kedua adalah pembagian peserta menjadi 5 kelompok kecil, kemudian masing-masing kelompok tersebut membuat UKM sendiri dengan tema yang berbeda, ada UKM seni dan tari, ukesma, anggar, teater, dan PSM. Bu Daning mewajibkan semua UKM tersebut menampilkan pentas dengan tema “pantang menyerah”. Kegiatan tersebut sangat menghibur dan mengundang gelak tawa, tetapi luaran yang diharapkan bukan hanya untuk menghibur saja, melainkan apa saja manfaat yang didapat dari games ini. “kira-kira apa yang membuat teman teman mau melakukan apa yang saya minta?” ujar Bu Daning. “Karena kami ngerasa sebagai team work bu, kami punya rasa kepemilikan dengan organisasi kami masing-masing, makanya disuruh apa aja buat organisasi mau” ujar salah satu peserta. “Selain itu sebagai anggota organisasi juga harus menjadi pribadi yang dapat bersosialisasi dengan orang-orang yang berbeda dengan sifat dan kebiasaan yang berbeda pula”, timpal peserta lain. Semoga dari kegiatan ini, kekeluargaan KSK semakin satu dan solid, Jaya selalu KSK.

KSK Menembus Batas, Jales Viva Jaya KSK !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s