Ekspedisi Karimunjawa 2011, Satu Nyali

Karimunjawa, 20 Juli 2011 – Mahasiswa Fakultas Biologi UGM yang tergabung dalam Kelompok Studi Kelautan (KSK Biogama), kembali melakukan ekspedisi ke Kepulauan Karimunjawa pada tanggal 8-14 Juli 2011 yang lalu. Karimunjawa yang sering juga dikenal sebagai The Carabian of Java, merupakan kepulauan di Laut Jawa yang telah ditetapkan sebagai kawasan Taman Nasional. Sebagai kawasan konservasi, penelitian seputar keanekaragaman biota laut penyusun ekosistem di Kepulauan Karimunjawa khususnya kawasan Pulau Tengah masih sangat terbatas, bahkan belum ada. Hal tersebut mendorong sejumlah mahasiswa Fakultas Biologi UGM, khususnya KSK Biogama untuk melakukan ekspedisi berbasis penelitian seputar  biologi kelautan, pemanfaatan, konservasi, dan ekonomi sosial budaya masyarakat pesisir.

Kegiatan yang berlangsung selama sepekan tersebut, secara resmi dilepas oleh Drs. Trijoko, M.Si., selaku dosen pembimbing KSK Biogama dan Abdul Rachman Siregar, S.Si, M. Biotech, sebagai perwakilan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Riset F. Biologi UGM. Dalam sambutannya,            Drs. Trijoko, M.Si., berharap agar  hasil ekspedisi tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi pengembangan ilmu, civitas akademika Fakultas Biologi UGM, dan Balai Taman Nasional Karimunjawa. Sementara Abdul Rachman Siregar, S.Si, M. Biotech, mengatakan bahwa dengan ekspedisi, mahasiswa dapat belajar langsung dari alam,  tidak hanya di laboratorium, dan dapat membentuk skill di lapangan. Risang Pandegan, Ketua Ekspedisi berharap agar hasil penelitian tersebut dapat mengungkap keanekaragaman biota laut Indonesia dan membawa nama alamamater hingga Internasional melalui publikasi nasional maupun Internasional. “Selain itu, diharapkan kedepannya hasil penelitian dari ekspedisi ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan masyarakat pesisir Karimunjawa”, imbuh Risang. Hal senada juga disampaikan oleh Atik Rahmawati, ketua umum KSK Biogama yang berharap agar kedepannya KSK Biogama dapat melakukan monitoring berkelanjutan setiap tahun di Kepulauan Karimunjawa.

Ekspedisi yang merupakan ekspedisi kedua yang dilakukan oleh KSK Biogama di Taman Nasional Karimunjawa tersebut, memfokuskan penelitian di kawasan Pulau Tengah, setelah sebelumnya pada tahun 2010 KSK Biogama melakukan ekspedisi di Pulau Menjangan Kecil. Pulau Tengah merupakan salah satu dari 22 Pulau yang menyusun Kepulauan Karimunjawa, dengan luas sekitar empat hektar dan terletak di sebelah timur laut Pulau Karimunjawa. Ekspedisi tersebut melibatkan 23 mahasiswa yang terbagi dalam tujuh tim peneliti dengan beragam kajian. Tujuh tim tersebut masing-masing mengkaji seputar keragaman alga & lamun, Echinodermata, Moluska, Pisces, Crustacea, dan coral reef. “Potensi penelitian di Balai Taman Nasional Karimunjawa, tidak kalah dengan potensi pariwisatanya, inisiatif untuk memasukkan Kepulauan Karimunjawa dalam Coral triangle initiative patut didukung ”, tutur Risang. (-SC.Dewi, Ardh- Foto  edit by Rudi N.) on website of biologiugm.

2 thoughts on “Ekspedisi Karimunjawa 2011, Satu Nyali

  1. Ryan says:

    Wogh joss!!!!
    Raja Ampat impian kita kesana…🙂

  2. Sip, Bermimpilah, Maka Tuhan Akan memeluk Mimpi-mimpimu!
    Raja Ampat dengan peralatan DIVING Lengkap!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s