Reportase 22nd PSC: Lucky Room 304!

Selama perhelatan 22nd PSC, tentu saja kesempatan emas bagi mahasiswa adalah berkenalan dengan orang-orang hebat. Untuk urusan satu ini para delegasi ksk tak pernah kehilangan akal, berbekal kartu nama, bahasa inggris yang (ehm.. dianggap Fluent tapi kok medok ) dan percaya diri tinggi.  Sejak hari pertama seakan bergerilya sejak pembukaan sampai ditutupnya konferensi. Kami tak henti-hentinya memperkenalkan KSK dalam bahasa inggris (Marine Study Club) kepada siapapun yang kami temui tak terkecuali.

Di hari pertama dari sekian banyak target akhirnya bertemu dengan ahli kelautan berkebangsaan New Zeland, seorang Doktor dari Auckland University. Mark Costello dengan keahlian taksonomi dan biogeografi menjadi motor pembentukan database online biodiversitas. Dalam perbincangan yang agak serius dia memperkenalkan OBIS (Ocean Biogeographic Information System) http://www.iobis.org/. Mark Costello juga tercatat sebagai salah satu pendiri WoRMS (World Register of Marine Species) http://www.marinespecies.org/. Saat kami memperkenalkan KSK dengan antusias ahli biogeografi ini mendengarkan dan memberikan semangat untuk melanjutkan penelitian kelautan meskipun kami mahasiswa undergraduate.

Masih di hari pertama kami menuju ruang 304, dengan tema kelautan. Diisi dengan presentasi advance bidang molecular taxonomy dan biogeography.  Sampai pada speaker asal jerman Prof. Dr. Gert Worheide dari LMU (Ludwig-Maximilians Universitat) Muenchen dengan judul Sponge Barcoding Project. Setelah sesi presentasi selesai awalnya kami agak sungkan karena jerman terkenal dengan semangat uber alles-nya, namun setelah mengawali diskusi sambutan hangat teryata beliau berikan. Lebih lagi setelah beliau bercerita salah satu bimbingan PhD nya adalah dosen Biologi UGM, ibu Ratih Aryasari. Pengalaman yang sangat berharga bertemu simbahnya sponge..  ^^d

Tim KSK tak lupa foto bareng Prof. Gert Worheide (Simbahnya Sponge)

Di hari kedua masih di ruang 304 the lucky room, ternyata sesi paralel dibuka Mark Costello (Bapak Biogeografi), masih seperti hari pertama penelitian level advance fokus pada moleculer phylogeny pada Coral. Namun ada satu presentasi yang tak kalah menarik, dipresentasikan oleh Joelle Lai dari National University of  Singapore (NUS). dalam presentasi  dijelaskan  New species Crustacea dari berbagai belahan dunia salah satunya Hawaii, tentu saja dengan menggali beberapa meter di bawah batu karang, Luar Biasa. Setelah sesi presentasi kami memperkenalkan Marine Study Club, dengan sambutan yang hangat kami mendapatkan ilmu tentang teknik fotografi untuk sampel crustacea. Melalui diskusi tersebut kami baru tahu bahwa ahli Anomura dan ahli udang ternyata dari Indonesia. Peneliti Crustacea yang masih muda tapi sudah PhD kami menyebutnya (mbaknya Crustacea).

Di ketiga merupakan sesi paralel terakhir di ruang 304 akhirnya kami bertemu alumni Biologi UGM. Bapak Suharsono Kepala LIPI Oseanografi dan Bp Bambang dari KKP (Kementrian Kelautan dan Perikanan). Dalam konferensi tersebut pak suharsono bertindak selaku Convener dalam salah satu sesi paralel dan mengikuti agenda CTI (Coral Triangle Initiatives) ASEAN. Dalam diskusi yang berjalan agak lama sambil bercanda dengan para alumni Biologi UGM ini, banyak informasi yang kami dapat tentang LIPI Oseanografi. Melalui forum CTI ASEAN peran Indonesia sangat besar dalam menggerakan negara-negara ASEAN, CTI sendiri diketuai oleh orang Indonesia. Untuk Pak Suharsono kami menyebutnya (Bapak Coral Indonesia)

Foto dengan Pak Suharsono (Kepala P2O LIPI)Foto Bersama Pak Suharsono ^^d

Demikian sekilas reportase dari ruang 304, dengan pertemuan singkat dengan Bapak Biogeografi, Mbahnya Sponge, Mbaknya Crustacea dan Bapak Coral Indonesia. Semoga bermanfaat!

Jales Viva, Jaya KSK!!, Jaya Biologi UGM!! Jaya Kelautan Indonesia!!

by:ibn

2 thoughts on “Reportase 22nd PSC: Lucky Room 304!

  1. tulisan mz ibn bagus, jd jurnalis mz.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s