PROFIL

Kelompok Studi Kelautan Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (KSKBIOGAMA) merupakan salah satu kelompok studi yang ada di lingkungan intern Fakultas Biologi UGM. Berdirinya kelompok studi ini diawali dengan terbentuknya Forum Studi Laut pada tahun 2000 oleh para mahasiswa biologi yang mempunyai minat dan kepedulian akan laut. Kemudian pada tanggal 19 September 2000, kelompok studi ini resmi didirikan dengan nama Kelompok Studi Laut Biologi UGM (KSLBIOGAMA) dan menunjuk Hilman Ahyadi (angkatan ’97, Dosen UNRAM) sebagai Ketua Umum periode pertama.

Pada MUSYANG II (Musyawarah Anggota) 19 September 2001, kelompok studi ini mengalami perubahan nama dari Kelompok Studi Laut (KSLBIOGAMA) menjadi Kelompok  Studi Kelautan Fakultas Biologi UGM (KSKBIOGAMA). Perubahan nama ini berkaitan dengan obyek kajian yang dikaji, yakni kelautan yang meliputi daerah pesisir dan laut.

VISI:

“Eksplorasi dan konservasi kelautan yang berkelanjutan”

MISI:

  1. Pengkajian sumber daya kelautan ditinjau dari aspek biologi.
  2. Pemberdayaan anggota dan masyarakat umum dalam pemanfaatan serta pelestarian ekosistem kelautan.

TUJUAN:

  1. Memberikan wahana kepada Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada dalam rangka mengembangkan dan menerapkan ilmu serta berkarya dalam bidang kelautan.
  2. Bekerja sama dengan instansi pemerintah dan non-pemerintah serta masyarakat dalam pemanfaatan dan pelestarian sumber daya kelautan secara  berkelanjutan.

OBYEK KAJIAN/STUDI:

  1. Fauna
  2. Flora
  3. Lingkungan
  4. Sosial-Ekonomi Masyarakat Pesisir

BENTUK KEGIATAN:

  1. DIKLATSAR
  2. Keilmuan (Small Group Discussion, Kelas Keilmuan)
  3. Penelitian
  4. Ekspedisi
  5. Seminar
  6. Wisata Bahari
  7. Sosialisasi dan Pemberdayaan Masyarakat

Sekretariat:
Palung KSK Fakultas Biologi UGM
Jl Teknika Selatan, Sekip Utara,
Bulaksumur, Yogyakarta 55281
Email: kskelautan.biogama@gmail.com

Kontak : +6285283457500

Peta Letak Palung KSKBIOGAMA