Kunjungan Awal Tahun ke P4KSI dan LIPI Oceanografi Jakarta

Jakarta (10/2/14) Kelompok Studi Kelautan Fakultas Biologi UGM (KSK Biogama) mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Pusat Penelitian Pengelolaan Perikanan dan Konservasi Sumber Daya Ikan (P4KSI) dan LIPI Oceanografi Ancol, Jakarta Utara. Ini adalah kali pertama KSK berkunjung ke P4KSI sedang untuk kunjungan ke LIPI Oceanografi ini adalah kunjungan yang kesekian kalinya. Berhubung masa KRS telah tiba, hanya tersisa dua anggota KSK di ibu kota yang berkesempatan untuk mengunjungi kedua instansi tersebut yakni R Aditya Aryandi S dan Chandra Pradhitaningrum.

Disambut oleh dua Alumni Biologi UGM yakni Bapak Bambang Sumiono dan Ibu Tati, Adit dan Chandra banyak dikenalkan pada profil lembaga P4KSI. P4KSI dibentuk setelah diiterbitkannya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor PER. 15 /MEN / 2010 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kelautan dan Perikanan tanggal 06 Agustus 2010. Lembaga ini merupakan  salah satu unit kerja pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan yang merupakan perubahan Pusat Riset Perikanan Tangkap (PRPT), Badan Riset Kelautan dan Perikanan.

Lembaga ini hadir sebagai institusi penelitian dan pengembangan yang handal dan terpercaya penyedia IPTEK pengelolaan perikanan dan konservasi sumberdaya ikan tahun 2015. Dengan visi yang demikian lembaga ini hadir pula dengan misi menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna untuk kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan. Garis besar kerja dari lembaga ini adalah menyusun kebijakan, menjalankan berbagai kegiatan dan monitoring, melaksanakan kerja sama, pelayanan jasa penelitian, pengelolaan, dokumentasi hasil penelitian, dan evaluasi.

“Mahasiswa yang kesini banyak sekali, bisa belajar budidaya, belajar tentang kebijakan, atau bahkan ikut pelayaran P4KSI” tutur Pak Bambang, salah satu Ahli Peneliti Utama (APU) di P4KSI. Pak Bambang juga menambahkan bahwa dari Biologi UGM sendiri masih belum ada yang ambil data skripsi di P4KSI, yang mungkin dikarenakan ketidak tahuan bahwa lembaga P4KSI itu ada. “Saya menyambut baik kunjungan ini apalagi untuk komunitas kelautan yang sudah eksis dan go internasional, begitupun Pak Warno” tambah Pak Bambang yang juga merupakan teman dekat dari Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr. Suwarno Hadisusanto, S. U. Dari kunjungan ini Bu Tati juga berharap banyak mahasiswa Biologi UGM, khususnya dari KSK yang tertarik untuk melakukan riset di P4KSI atau bahkan bekerja di lembaga tersebut. Sebelum berpamitan untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju LIPI, delegasi KSK menerima sejumlah buku yang siap melengkapi koleksi perpustakaan KSK Biogama.

Di LIPI Oceanografi delegasi KSK berkesempatan masuk ke Laboratorium Genetika untuk Bertemu Mas Onny Biologi ’04. Selain itu kedua delegasi KSK juga sempat berdiskusi dengan Peneliti dari Laboratorium Mikrobiologi, Mas Rovi. Kunjungan ke LIPI akhirnya diakhiri dan dilanjutkan dengan pertemuan atau gathering dengan anggota Kesemat (Nisa) dan anggota UKSA/Unit Kegiatan Selam 387 Mahasiswa Undip (Valen).

3 thoughts on “Kunjungan Awal Tahun ke P4KSI dan LIPI Oceanografi Jakarta

  1. Bambang Sumiono says:

    Selamat berkarya kepada adik-adik “Kelompok Studi Kelautan Fakultas Biologi UGM”.Semoga semakin eksis dan semakin dikenal di dunia kelautan. Kapan nih berkunjung kembali dengan tim yang lengkap ke gedung “Pusat Penelitian Pengelolaan Perikanan dan Konservasi Sumberdaya Ikan (P4KSI)”- Badan Litbang KKP. di Ancol Timur Jakarta. Salam. @bambangsumiono (bio73)

    • kskbiogama says:

      terima kasih banyak do’anya mas Bambang, semoga KSK makin melebarkan tentakel prestasinya. Insyaallah jika ada kesempatan kami akan berkunjung lagi 🙂

  2. Prabowo Bukan Subianto says:

    wah ada bu tati dan pak bambang sumiono di foto

Leave a comment